3/03/2010

Latar Belakang PI

PENGHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK PRIBADI MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL C++

Latar Belakang Penulisan

Penghasilan setiap negara dunia antara lain diperoleh dari pendapatan pajak yang diberlakukan. Setiap negara memiliki peraturan, perhitungan dan jenis-jenis pajak yang berbeda-beda. Setiap jenis pajak memiliki peraturan, perhitungan dan obyek pajak tersendiri.
Republik Indonesia memiliki sebuah jenis pajak yang diberlakukan bagi wajib pajak orang pribadi, yaitu Pajak Penghasilan (PPh). Perhitungan pajak penghasilan didasarkan pada pasal-pasal 17, 21,22,23,24,25,26,4(2) UU PPh.
Perhitungan yang didasarkan pada pasal-pasal tersebut merupakan perhitungan yang kompleks dan rumit. Sehingga banyak wajib pajak yang mengalami kesulitan untuk menentukan dan menghitung jumlah pajak yang harus dibayar. Selama ini, para wajib pajak memanfaatkan jasa konsultan pajak untuk membantu mereka menentukan dan menghitung jumlah pajak yang harus dibayar.
Hal tersebut mendorong penulis untuk membuat sebuah aplikasi yang mempermudah para wajib pajak untuk menghitung jumlah pajak yang harus dibayar. Aplikasi yang dibuat bersifat sederhana sehingga mudah digunakan dan dapat dijalankan dengan komputer berkecepatan rendah.

Ruang Lingkup Pembahasan

Penulisan ilmiah ini membahas tentang penghitungan Pajak Pengahasilan (PPh) WP pribadi, yang mencakup pasal-pasal 17,4(2) UU PPh.
Aplikasi dibuat dengan konsep Object Oriented Programming (OOP).

Tujuan Penulisan

Tujuan yang akan dicapai yaitu membangun sebuah aplikasi untuk menghitung Pajak Penghasilan (PPh) WP Pribadi.
Penulisan ilmiah dan pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi wajib pajak untuk menentukan dan menghitung pajak yang harus dibayarkan, juga alternatif kemudahan penghitungan pajak bagi petugas pajak. Selain itu juga menjadi salah satu alternatif untuk langkah awal otomatisasi sistem perpajakan di Republik Indonesia.

Metode Penelitian

Langkah awal dalam pembuatan aplikasi dan penyusunan penulisan ilmiah ini adalah merumuskan pasal-pasal UU PPh menjadi bentuk matematis sehingga mudah untuk dimplementasikan dalam bahasa pemrograman. Kemudian rumusan tersebut diimplementasikan ke dalam algoritma program.
Algoritma program yang telah disusun dituangkan kedalam bahasa pemrograman dalam bentuk fungsi (function). Fungsi berisi rumus dasar penghitungan PPh WP Pribadi. Fungsi tersebut akan digunakan dalam pembuatan aplikasi dengan Microsoft Visual C++.
Langkah berikutnya yaitu menganalisa program yang telah dibuat, menguji kelayakan program dan memeriksa kesalahan-kesalahan.

Sistematika Penulisan

Pada Bab I penulis menjabarkan latar belakang pembuatan aplikasi dan penulisan ilmiah, ruang lingkup pembahasan, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika penulisan.
Pada Bab II penulis membahas tentang Pajak Penghasilan (PPh) WP pribadi, bahasa pemrograman C++ dan Microsoft Visual C++.
Bab III berisi proses perumusan pasal-pasal UU PPh menjadi bentuk matematis, proses pembuatan fungsi dengan bahasa C++, pembuatan aplikasi menggunakan Microsoft Visual C++.
Bab IV menjabarkan kesimpulan penulisan ilmiah ini dan saran-saran dari penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar